Lijit Stats Wijit - Recent Readers List

Friday 31 December 2010

SMURF

Oke, kali ini saya akan membahas tentang sebuah kartun animasi yang mungkin sudah tidak asing lagi,
dan kartun itu adalah . . . .

The Smurfs
Mungkin the Smurfs hanya tampak seperti program televisi biasa bagi anak-anak, namun sejumlah orang berpendapat bahwa ada sesuatau yang lebih mengerikan. Meskipun para ahli teori tidak sepenuhnya sependapat mengenai mengenai pesan terselebung yang coba di sampaikan  oleh film kartun tersebut, namun mereka semua sepakat bahwa elemen-elemen dari program tontonan itu menyiratkan sesuatu yang menakutkan yang sengaja di masukkan oleh kartunis Belgia, Peyo (Pencipta Smurfs)  yang menciptakan orang-orang kecil berwarna biru dengan tujuan mencuci otak anak-anak secara diam-diam agar mengikuti cara berpikir sang kartunis.


Representasi Komunis

Menurut sejumlah orang, topi merah dan jambang yang lebat yang di kenakan papa smurfs, pemimpin bangsa smurfs, menunjukan pandangan komunis dari komunitas smurf tersebut. Perdagangan asing tidak boleh masuk  ke desa smurf dan setiap orang diperlakukan setara sebagai anggota masyarakat di bawah kekuasaan papa smurf. Setiap orang memiliki peran masing-masing dan mereka semua bekerja keras untuk menjamin terlaksanananya kehidupan yang tentram di desa.

Penyihir jahat bernama gargamel digambarkan sebagai musuh bebuyutan bangsa smurf. Dia dilukiskan sebagai pribadi yang haus harta dan emas yang disebut sebut mewakili kapitalisme yang ingin menang sendiri. Adanya fakta bahwa dia selalu terkalahkan adalah juga konon sesuai gambaran positif dari program itu mengenai masyarakat komunis.

Gargamel

Pada suatu episode, Gargamel terlihat menggambar sebuah pentagram,dan baik Gargamel maupun papa smurf terlihat sama-sama melakukan sihir jahat dan membuat ramuan.


Gargamel sedang melakukan sebuah ritual didalam pentagram


Spell Book (buku mantra) yang terdapat pentagram

No comments:

Post a Comment